Petualangan di Sungai Batur Purbalingga..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Petualangan Sungai Batur di Purbalingga, Asyik Seru untuk Berakhir Pekan

Sabtu, 5 Maret 2022 - 13:06 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Kalau menyebut sungai pegunungan, tentu dalam bayangan adalah air jernih nan sejuk, bebatuan besar, dan riak jeram yang mendamaikan. Nah, itu semua bisa ditemukan di Sungai Batur, Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Desa di gugusan perbukitan timur lereng Gunung Slamet itu, menawarkan petualangan sungai yang memukau dan seru. 

Spot wisatanya bernama Batur Adventure, sebuah lokasi petualangan sungai, yang dikelola remaja warga Panusupan. Lokasi bisa ditempuh dengan beragam moda angkutan dan kendaraan dari ibu kota Kabupaten Purbalingga. Jaraknya sekitar 30 kilometer. 

Sebelum berpetualang, pengunjung dipastikan keselamatannya. Salah satunya, disediakan alat keselamatan pelampung dan helm pelindung. Lalu, didampingi instruktur berpengalaman, dilakukan persiapan fisik dengan peregangan atau stretching agar mencegah cedera bagian tubuh. 

Menyusuri sungai, lebih baik dilakukan ke arah hilir. Kita harus melalui jalur jalan dan setapak kampung untuk ke posisi start di hulu. 

"Pemandangan perjalanan ke hulu ini, bisa menjadi pemanasan, karena bukit dan lembah menghijau bisa dinikmati selama perjalanan," ujar Yeni, salah seorang pengunjung. 

Setelah sampai di titik start, peserta bisa beristirahat dulu. Biarkan tubuh rileks dengan menikmati keindahan sungai khas pegunungan yang berair jernih dan sejuk. 

Lalu dimulailah perjalanan menyusur sungai ke arah hilir. Disarankan, perjalanan dalam kelompok, jumlahnya tidak terlalu besar. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral