Si manis janda berenang, kue khas Sumbawa favorit warga di bulan puasa.
Sumber :
  • Irwansyah

Si Manis Janda Berenang yang Paling Dinikmati saat Bulan Ramadhan

Rabu, 13 April 2022 - 17:24 WIB

Sumbawa, NTB - Si manis janda berenang adalah salah satu kue atau jajanan khas yang berasal dari daerah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Makanan yang satu ini sangat diminati oleh banyak orang di bulan Ramdhan terutama masyarakat Sumbawa. 

Rasanya yang nikmat membuat kue si manis janda berenang menjadi favorit masyarakat Sumbawa dan menjadi menu wajib terutama untuk berbuka puasa. 

Hampir semua lokasi penjualan takjil di Sumbawa Besar, menjual kue janda berenang dan tentunya menjadi buruan warga yang membelinya untuk menu berbuka puasa bersama keluarga. 

Seperti apa dan bagaimana membuat kue yang memiliki nama unik dan rasa yang nikmat ini? 

Irma Suryani, pembuat kue janda berenang asal Kampung Bugis, Kelurahan Bugis, Kecamatan Sumbawa, mengaku membuat janda berenang pesanan pelanggannya setiap hari.

Namun, saat bulan Ramadhan pesanan meningkat bukan saja dari pelanggan tetapnya, akan tetapi banyak warga yang datang memesan untuk dijual kembali sebagai menu berbuka puasa. 

"Pembuatan janda berenang ini turun temurun dari nenek dan orang tua saya. Sudah puluhan tahun. Kalau bulan puasa seperti ini, banyak yang mesan, karena banyak yang dijual lagi di pinggi-pinggir jalan dan di pasar kuliner Ramadhan," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
05:44
04:18
Viral