Gua rangko, salah satu objek wisata favorit di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT..
Sumber :
  • tim tvOne - Vera Bahali

Gua Rangko, Liang Berkolam yang Eksotis di Labuan Bajo

Minggu, 15 Mei 2022 - 12:17 WIB

Labuan Bajo, NTT - Gua rangko adalah salah satu objek wisata favorit di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pesona gua ini adalah kolam air asin yang berada di dalam liang gua.

Gua Rangko berlokasi di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Labuan Bajo. 

Untuk ke lokasi ini wisatawan hanya membutuhkan waktu lima belas menit menggunakan kendaraan bermotor. Setelah itu, wisatawan harus menggunakan perahu kayu dari dermaga tradisional Desa Rangko. Perahu akan berlayar selama sepuluh menit untuk sampai ke objek wisata.

Gua ini tersembunyi di hutan pesisir pantai. Wisatawan akan menuruni undakan batu yang disusun seperti tangga untuk mencapai kolam. Saat masuk ke liang gua, mata wisatawan akan menemukan susunan batu stalaktit dan stalakmit berwarna hijau bercampur kuning. Air kolamnya pun tenang.

Air kolam Gua Rangko akan tampak jernih dan bersih ketika sinar matahari masuk melalui mulut gua. Wisatawan yang berkunjung, pasti akan terdorong untuk menceburkan diri ke kolam. Selain karena airnya segar, udara di dalam gua juga terasa sejuk. Wisatawan bisa berenang tanpa terkena sinar matahari langsung.

Kepala Divisi Aksebilitas dan Infrastruktur Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Buyung Arif Nugroho mengatakan, Gua Rangko termasuk objek wisata favorit yang sangat mudah dijangkau dari Kota Labuan Bajo.

"Tidak sampai 15 menit menggunakan kapal dari Desa Rangko. Jalan juga hanya ditempuh 5 menit. Enaklah bagi wisatawan untuk datang ke Gua Rangko, apalagi kalau agak sore, sinar matahari dari barat yang masuk ke gua membuat pantulan-pantulan cahaya dari air ke langit-langit gua," terang Buyung.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral