Pulau Komodo.
Sumber :
  • Istimewa

Tarif Masuk Pulau Komodo Naik, Begini Tanggapan Pakar Pariwisata

Minggu, 3 Juli 2022 - 10:52 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Wacana perihal naiknya harga tiket masuk ke Pulau Komodo memenuhi media sosial di Indonesia.

Tarif masuk Pulau Komodo per 1 Juli 2022 akan naik dalam rangka konservasi komodo. Komodo merupakan salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia.

Menanggapi naiknya harga tiket tersebut, Dosen Pariwisata Universitas Airlangga Novianto Edi Suharno memberikan penjelasannya.

Anto─sapaan akrabnya─menjelaskan bahwa kenaikan tarif yang dimaksud dialokasikan sebagai biaya konservasi meliputi beberapa pulau di sekitar Pulau Komodo seperti Pulau Padar, Pulau Kenawa, dan pantai di sekitaran Taman Nasional Komodo.

“Tujuannya untuk konservasi atau untuk perlindungan komodo. Biaya tersebut yang direncanakan naik itu sebenarnya biaya untuk 1 tahun atau 1 periode. Namun, kembali kepada tujuan utama kenaikan tarif tersebut adalah untuk konservasi atau menjaga kelestarian lingkungan yang ada di sana. Termasuk komodonya sendiri,” katanya.

Penetapan jumlah pengunjung atau carrying capacity perlu dilakukan. Jadi, habitat maupun kebiasaan alam komodo tidak terganggu dengan aktivitas manusia atau wisatawan yang berkunjung.

Meski demikian, ketika wisatawan datang berkunjung ke Pulau Komodo, hanya beberapa sudut saja yang diperbolehkan untuk dikunjungi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral