Prosesi kaul negeri dan abda'u di Maluku Tengah.
Sumber :
  • Indonesiatraveler.id

7 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Nusantara, Ada Manten Sapi hingga Grebeg Gunungan

Minggu, 10 Juli 2022 - 20:57 WIB

Jakarta - Hari raya Iduladha merupakan salah satu hari besar bagi umat muslim di seluruh dunia. Dalam pelaksanaannya setelah melaksanakan salat Ied biasanya akan diteruskan dengan penyembelihan hewan kurban.

Di Indonesia, hewan ternak yang umum dikurbankan adalah kambing atau sapi. Daging kurban kemudian akan didistribusikan ke golongan yang tidak mampu agar mereka dapat ikut merayakan Iduladha.

Namun, selain identik dengan penyembelihan hewan kurban rupanya ada berbagai tradisi unik di setiap daerah di Indonesia dalam menyambut Iduladha.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tradisi-tradisi unik di Indonesia saat menyambut Iduladha:

1. Manten Sapi, Pasuruan Jawa Timur

Manten Sapi adalah tradisi yang dilakukan masyarakat Pasuruan, Jawa Timur, untuk menghormati hewan kurban yang akan disembelih. Sebelum hewan kurban disembelih, sapi-sapi tersebut akan didandani warga secantik mungkin layaknya pengantin.

Hewan kurban juga dikalungi bunga tujuh rupa, kemudian dibalut kain kafan, serban, dan sajadah. Selesai didandani, semua sapi kurban kemudian diarak warga menuju masjid untuk diserahkan kepada panitia kurban untuk disembelih.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral