Dengan harga yang murah, tiram bakar di Pantai Ngebum Kendal tak kalah lezat dengan hidangan tiram di restoran..
Sumber :
  • tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Kelezatan Tiram Bakar di Pantai Ngebum Kendal Tak Ada Duanya

Minggu, 24 Juli 2022 - 21:33 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Di restoran, tiram termasuk masakan mahal. Tapi jangan khawatir, ada kok masakan tiram yang dijual dengan harga murah dengn rasa yang tak kalah lezat dari masakan restoran. Kita dapat menemukannya di Pantai Ngebum, Kendal, Jawa Tengah.

"Ini sejenis kerang tapi berbeda dari kerang biasa. Hidupnya nempel di batu, kayu, dan yang lain. Kalau budidaya harus nempel juga. Tapi, kalau yang saya jual ini tiram liar, nyarinya harus menyelam," kata Khafidin alias Mas Empet, penjual tiram bakar di Pantai Ngebum, Kendal.

Tak butuh resep yang rumit untuk membuat tiram bakar. Menurut Mas Empet, pada dasarnya rasa daging tiram itu sudah enak.

"Kita bakar saja paling lama 3 menit karena pada dasarnya tiram ini kan bisa dimakan mentah kayak orang di Jepang itu. Nanti, setelah kita buka cangkangnya, kita kasih toping cabe rawit, bawang merah, perasan jeruk nipis, minyak wijen, dan kalau mau, bisa kasih cocolan saus," terangnya.

Tiram bakar tidak disajikan di atas piring, melainkan di atas nampan kayu. Satu porsinya berisi 15 hingga 20 tiram dengan ukuran masing-masing tiram mencapai satu kepalan tangan.

"Rasanya lebih segar karena bisa dimakan mentah. Tapi kan orang sini nggak biasa makan mentah. Makanya, tadi kita bakar sebentar saja. Kalau kerang lain kan harus dimasak," jelasnya.

Satu porsi tiram dibandrol dengan harga 30 ribu Rupiah. Berminat mencoba?Datang saja ke Pantai Ngebum Kaliwungu Kendal! (tjs/ard)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral