ilustrasi kuliner.
Sumber :
  • iStockPhoto/MielPhotos2008

Melancong Ke Ibu Kota? Jangan Lupa Coba 3 Kuliner Jakarta Khas Betawi yang Legendaris Ini

Minggu, 11 Desember 2022 - 14:11 WIB

tvOnenews.com, Kuliner - Ibu Kota Jakarta memiliki beragam jenis tempat wisata menarik dan tentunya banyak pula kuliner Jakarta khas Betawi yang memiliki cita rasa menggoda.

Diantaranya adalah kuliner tradisional khas betawi yang sampai dengan saat ini masih eksis dan bahkan menjadi ikon kota Jakarta itu sendiri.

Berikut rekomendasi 3 kuliner Jakarta khas Betawi yang sudah melegenda dan dikenal hingga ke seluruh penjuru nusantara:

1. Kuliner Jakarta, Kerak Telor


iStockPhoto/Faiz Dila

Sudah umum kita ketahui bahwa kerak telor adalah makanan khas betawi yang paling populer. Bahkan kuliner Jakarta yang satu ini sudah terkenal hingga ke wilayah lainnya di Indonesia.

Jadi, ada yang kurang rasanya jika kamu mengunjungi Ibu Kota namun tidak mencicipi kuliner khas Jakarta yang satu ini.

Kerak Telor terbuat dari olahan beras ketan yang dicampur telur bebek atau ayam dan toping udang kering.

Menurut sejarahnya, kerak telor sudah ada di tengah masyarakat betawi sejak zaman Belanda. Dan kerak telor kerap disajikan dalam perayaan pesta atau acara-acara besar para petinggi pada masa itu.

Namun, kini makanan ini menjadi konsumsi publik dan menjadi ikon dari kota Jakarta. Rasanya yang nikmat dan gurih membuat kerak telor begitu mudah menarik hati orang-orang, yang bahkan baru pertama kali mencicipinya.

Tak heran jika kuliner Jakarta yang satu ini sangat populer dan menjadi salah satu kuliner yang diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

Buat kamu yang sedang berkunjung ke Jakarta, kamu bisa dengan mudah menemukan kerak telor di setiap sudut kota Jakarta.

Meskipun semakin banyak kuliner kekinian yang menjamur di kota Jakarta, kerak telor tetap menunjukkan eksistensinya dengan terus menjadi kuliner favorit bagi masyarakat ibu kota.

2. Kuliner Jakarta, Ketoprak


iStockPhoto/Ika Rahma

Satu lagi kudapan khas dari Ibu Kota adalah Ketoprak. Kuliner Jakarta yang satu ini sekilas serupa dengan gado-gado atau mungkin juga nasi pecel.

Namun yang membuatnya berbeda dengan nasi pecel adalah, isi ketoprak lebih kepada ketupat, tahu goreng, bihun, mentimun dan tauge. Kamu juga bisa menambahkan lauk pendamping seperti telur dadar atau telur rebus, tergantung seleramu.

Umum dikenal sebagai kuliner khas Jakarta atau suku Betawi, namun justru sebenarnya asal dari ketoprak ini masih simpang siur. Sebagian masyarakat mengatakan bahwa ketoprak merupakan makanan khas betawi, sebagian lain mengatakan ketoprak merupakan kuliner dari luar Jakarta.

Ada yang mengatakan asalnya dari Cirebon dan bahkan ada juga yang menyebut dari Jawa Tengah.

Meskipun demikian, terlepas dari bermacam spekulasi mengenai asal daerahnya, ketoprak kini menjadi salah satu kuliner yang sudah tersebar di mana-mana khususnya pulau Jawa. 

3. Kuliner Jakarta, Semur Jengkol


iStockPhoto/ahmad wahyu

Kuliner Jakarta berikutnya adalah semur jengkol. Sebagian besar masyarakat nusantara, tahu bahwa jengkol sangat identik dengan kota Jakarta atau khususnya daerah Betawi.

Dan salah satu kuliner Jakarta yang populer dari bahan dasar Jengkol adalah semur jengkol.

Sejarah singkat mengapa semur jengkol bisa menjadi salah satu kuliner khas masyarakat betawi karena dulunya hampir di tiap kebun atau bahkan di rumah warga Betawi memiliki pohon jengkol.

Oleh karenanya, jengkol menjadi salah satu bahan makanan yang nikmat dan juga mudah didapatkan. Harganya yang terjangkau juga menjadikan jengkol sebagai pilihan utama masyarakat Betawi untuk membuat semur ketimbang menggunakan daging yang harganya sedikit lebih mahal.

Hingga kini hidangan semur jengkol sudah menjadi menu favorit dan sangat melekat dengan kota Jakarta khususnya suku Betawi.

Yang unik dari sajian berbahan dasar jengkol ini adalah aroma khasnya yang menyengat. Sebagian orang yang belum pernah memakan semur jengkol mungkin akan ragu ketika baru mencium aromanya.

Namun, ketika sudah mencoba memakannya langsung, kamu pasti akan langsung jatuh hati. Teksturnya yang sedikit keras menjadikan jengkol cocok menjadi pengganti daging ketika membuat menu hidangan semur.

Jengkol terbaik yang digunakan adalah jengkol yang sudah tua. Sebab jengkol tua dengan daging buah yang sedikit keras akan menjadi legit setelah dimasak. (Mzn)
 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral