Majboos merupakan kuliner khas Qatar.
Sumber :
  • Antara/Gilang Galiartha

Majboos, Hidangan yang Wajib Dicicipi saat Melancong ke Qatar

Sabtu, 17 Desember 2022 - 11:15 WIB

Jakarta, tvOnenews.comMajboos merupakan salah satu hidangan yang wajib dicicipi saat Anda memiliki kesempatan melancong ke Qatar. Diketahui, majboos merupakan hidangan nasional negeri Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani ini loh.

Majboos merupakan hidangan yang menggunakan beras jenis basmati. Beras ini dimasak dengan berbagai rempah-rempah seperti lada hitam, cengkeh, kapulaga, kayu manis, pala, jinten dan daun salam india.

Dari proses memasaknya, majboos memang relatif sama dengan nasi mandi yang biasa ditemui di Indonesia. Akan tetapi, perbedaannya secara kasat mata adalah warna nasi majboos lebih merah kecokelatan ketimbang nasi mandi yang mengarah ke kuning cerah. Dari segi rasa, majboos memiliki aksen lebih pedas.

Daun salam india pada seporsi majboos. Dok: Antara/Gilang Galiartha

Seperti halnya kuliner nasi jazirah Arab lainnya, majboos disajikan dengan isian protein berupa ayam, kambing, domba, sapi, ikan atau udang. Tak sulit menemukan majboos di Qatar mengingat menu ini dianggap sebagai makanan nasional.

Majboos biasanya dibanderol dengan rentang harga mulai dari 24 riyal atau sekitar Rp102 ribu untuk pilihan daging ayam. Seperti kebanyakan menu nasi di Timur Tengah dan Asia Selatan, porsi majboos cukup untuk setidaknya dua orang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral