Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Soekarno di Jl. Pegangsaan Timur, Jakarta.
Sumber :
  • Arsipnas

Peristiwa Penting Bangsa Indonesia yang Terjadi di Bulan Ramadhan

Minggu, 9 April 2023 - 06:46 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Momentum kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada Jumat, 17 Agustus 1945 M yang memberikan kesan haru dan membanggakan ternyata terjadi pada bulan Ramadhan.

Teks proklamasi yang dibacakan Ir. Soekarno pada saat itu disambut bahagia oleh seluruh bangsa Indonesia. 

Setelah bertahun-tahun menghadapi penjajah, buah daripada perjuangan panjang di saat itulah diraih. Hal yang menjadi kebanggan lainnya adalah proklamasi dibacakan bertepatan dengan bulan Ramadhan, tepatnya pada tanggal 9 tahun 1364 H.

Tiga bulan sebelum teks proklamasi dibacakan, sebelumnya Ir. Soekarno terlebih dahulu sowan (baca: berkunjung) kepada KH. Muhammad Hasyim Asy’ari yang dikenal sebagai sosok ulama kharismatik. 

Dengan ditemani Bung Tomo dan rombongan, Ir. Soekarno meminta saran atas waktu pembacaan teks proklamasi. KH. Hasyim Asy’ari akhirnya memberikan saran agar teks proklamasi dibacakan pada hari Jum’at di bulan Ramadhan.

Menilik sejarah penyusunan teks proklamasi, terdapat peristiwa penting yang tidak boleh dilupakan. Peristiwa tersebut dimulai sejak dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 April 1945 dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 7 Agustus 1945 oleh Jepang. Saat itu semua unsur pemerintahan lebih dominan dikuasai oleh penjajah Jepang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral