Ilustrasi pengguna susuk.
Sumber :
  • Freepik

Bikin Geger, Dokter Stephanie Ungkap Fenomena Susuk Dalam Dunia Medis, Ternyata Pernah Ada Penemuan Susuk di Bagian ini

Kamis, 4 Mei 2023 - 13:15 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Channel YouTube Dokter Stephanie mendadak menggemparkan netizen karena menggunggah informasi terkait susuk dan benda-benda aneh yang ditemukan dalam tubuh manusia.

“Pernah nggak kalian denger berita entah di media sosial atau di portal berita tentang susuk yang nggak sengaja ketemu di pemeriksaan rongent? Susuk itu sebenarnya sudah pernah masuk di beberapa jurnal kedokteran, lho,” sebut Dokter Stephanie dalam channel YouTube-nya (16 April 2023).

Menurut Dokter Stephanie, susuk merupakan benda kecil seukuran jarum yang ditanam di jaringan bawah kulit dan diharapkan bisa membawa efek tertentu, efek magis bagi penggunanya. Beberapa efek susuk antara lain memberi kecantikan, kesehatan, dan sebagainya.

Kepercayaan terhadap susuk ini ternyata ditemukan bukan hanya di Indonesia namun juga wilayah Asia Tenggara lainnya. Dokter Stephanie mengatakan bahwa susuk pernah ditemukan dalam tubuh seorang warga negara Singapura.

Dalam kasus tersebut pasien datang dalam kondisi kejang yang ternyata susuk yang dipasang di kepalanya menembus tengkorak.

“Jadi pasiennya ini merupakan seorang perempuan, usianya 40-an tahun, dia datang dengan gejala kejang atau epilepsi semenjak kurang lebih 15 tahun yang lalu,” ungkap Dokter Stephanie.

Tiga tahun setelah pertama kali kejang, pasien tersebut sebenarnya sudah melakukan pemeriksaan ke dokter bahkan melakukan CT-Scan di bagian kepala. Pasalnya, perempuan tersebut tidak memiliki riwayat epilepsi sejak kecil dan tidak ditemukan masalah pada bagian saraf.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral