3 Fakta Penyebab Kematian Marsinah, Kisah Aktivis Perempuan yang Meninggal Setelah Memperjuangkan Hak Para Buruh.
Sumber :
  • tvOnenews.com

3 Fakta Penyebab Kematian Marsinah, Kisah Aktivis Perempuan yang Meninggal Setelah Memperjuangkan Hak Para Buruh

Sabtu, 6 Mei 2023 - 16:00 WIB

tvOnenews.com - Marsinah menjadi salah satu aktivis perempuan yang semasa hidupnya berani memperjuangkan hak-hak para buruh.

Namun naas, Marsinah ditemukan tak bernyawa dengan kondisi yang mengenaskan setelah aksinya bersama para buruh.

Marsinah merupakan seorang aktivis perempuan dari kaum buruh yang tewas akibat penganiayaan berat di masa pemerintahan Orde Baru.  

Kisah Marsinah menjadi salah satu kisah sedih sekaligus keji yang dialami para buruh dalam memperjuangkan keadilan menuntuk hak mereka.

Diketahui, Marsinah adalah seorang buruh yang bekerja di PT Catur Putra Surya (CPS), yakni sebuah pabrik pembuat jam di wilayah Porong, Sidoarjo, Jawa Timur.

3 Fakta Penyebab Kematian Marsinah, Kisah Aktivis Perempuan yang Meninggal Setelah Memperjuangkan Hak Para Buruh. Source: tvOnenews.com

Semasa hidup, Marsinah dikenal sangat vokal dalam menyuarakan soal hak-hak buruh. Pada 8 Mei 1993, perjuangannya bersama kaum buruh akhirnya terpaksa terhenti setelah Marsinah diculik, disiksa, diperkosa, lalu dibunuh dan mayatnya dibuang. 

Pada tanggal 9 Mei 1993, jenazah Marsinah ditemukan dalam kondisi mengenaskan dalam sebuah gubuk di daerah Wilangan, Nganjuk, Jawa Timur. Lokasi ini berjarak sekitar 200 km dari tempat Marsinah bekerja.

Kasus pembunuhan Marsinah kemudian menjadi salah satu kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat yang pernah tercatat dalam sejarah Indonesia hingga kemudian menarik perhatian dunia. 

dr. Abdul Mun'im Idris yang merupakan seorang dokter ahli forensik kemudian mengungkap 3 fakta penyebab kematian Marsinah. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral