Ilustrasi Pendidikan.
Sumber :
  • VIVA

Peringati Momen Hardiknas, Gen Z Diajak untuk Tak Bingung Tentukan Pilihan Masa Depan Khususnya soal Kuliah

Selasa, 16 Mei 2023 - 12:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kuliah di jurusan apa nanti? Mau di universitas mana? Pertanyaan ini sering menjadi dilema pelajar di jenjang SMA. Dari memilih jurusan kuliah, mencari informasi tentang kampus dan jurusan yang diinginkan, hingga mengenali passion dan potensi masing-masing individu. 

Setiap siswa memiliki journey pendidikannya masing-masing. Proses pemilihan jurusan kuliah dan masa depan adalah dilema yang tidak ada habisnya, dari generasi terdahulu hingga sekarang (Gen-Z). 

Menurut ahli Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF) sekitar 87 persen mahasiswa merasa salah memilih jurusan. Dan pada akhirnya banyak mahasiswa tidak bekerja sesuai jurusan kuliah yang dipilihnya. 

Meskipun yang salah jurusan kuliah dapat melakukan pivot di dunia kerja, pertanyaan yang layak ditanyakan menjadi 'Seberapa besar potensi mereka yang sesuai jurusan dan passion dari awal?'

Bahkan untuk menjawab pertanyaan tersebut, sejumlah remaja harus mencari solusi lain dengan bantuan konsultasi baik langsung dan menggunakan online.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pun ikut meramaikan dengan mengadakan webinar yang akan membahas mengenai pengembangan diri para siswa dan juga penentuan jurusan yang sesuai dengan minat anak sejak dini. 

Berbagai topik pembahasan yang akan diangkat diantaranya, cara menentukan jurusan kuliah, menemukan jati diri dan potensi, sebuah mimpi dapat terwujud dengan usaha yang luar biasa, dan pentingnya soft skill dan mindset untuk masa depan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral