Ilustrasi Buka Puasa.
Sumber :
  • Viva

Rekomendasi Tempat Buka Puasa Bersama di Penghujung Ramadhan 2024

Selasa, 2 April 2024 - 10:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Jelang akhir Ramadhan, tradisi buka puasa bersama menjadi momen yang dilakukan untuk berkumpul bersama rekan kerja hingga teman sepermainan.

Bagi umat Muslim, Ramadhan bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang memperdalam hubungan spiritual dengan Allah SWT, serta memperkuat solidaritas dan kepedulian sosial terhadap sesama. 

Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, suasana berpuasa tidak akan lengkap tanpa tradisi satu tahun sekali yang satu ini. 

Tradisi 'Bukber' telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Indonesia saat bulan Ramadhan tiba. Namun, sampai hari ini tidak diketahui secara pasti, oleh siapa dan sejak kapan tradisi buka bersama ini dilakukan. 

Walaupun identik dengan bulan Ramadhan, sayangnya tradisi ini bukan merupakan ajaran dalam agama Islam yang wajib dilakukan. Melainkan lebih kepada kebiasaan masyarakat timur untuk makan bersama-sama dengan keluarga dan kerabat terdekat. 

Hal ini dapat terlihat dari berbagai tradisi-tradisi lama yang sudah ada di Indonesia seperti Meugang di Aceh, Nyorog di Betawi, Megibung di Bali, dan Megengan di Jawa Timur. 

Meskipun asal-usul pasti tradisi Bukber sulit untuk dipastikan, namun tradisi ini telah menjadi bagian penting dari budaya Ramadhan di Indonesia. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral