Habib Bahar, Gus Miftah, Habib Rizieq.
Sumber :
  • YouTube

Silsilah Keturunan Habib Bahar bin Smith Pernah Diragukan, Gus Miftah Hingga Habib Rizieq Shihab Singgung Tes DNA: Sebagai Bukti…

Selasa, 16 April 2024 - 19:05 WIB

tvOnenews.com - Habib Bahar bin Smith disebut-sebut masih memiliki keturunan Nabi Muhammad SAW. Bahar adalah seorang pendakwah muda yang namanya dikenal karena menjadi pendiri sekaligus pemimpin Majelis Pembela Rasulullah pada tahun 2007 silam.

Habib Bahar lahir di Manado, ia merupakan anak sulung dari tujuh bersaudara. Keluarganya merupakan keturunan Arab golongan Alawiyyin bermarga Aal bin Sumaith. Ayahnya bernama Sayyid Ali bin Alwi bin Smith, dan ibunya Isnawati Ali.

Beberapa waktu lalu, silsilah keluarga Habib Bahar sempat menjadi sorotan. Pasalnya, seorang ulama asal Banten, KH Imaduddin Utsman Al Bantani melakukan penelitian ilimiah terhadap silsilah para habaib di Indonesia.

Setelah menelusuri sembilan kitab silsilah, KH Imanuddin Utsman memberikan kesimpulan, silsilah para habaib itu terputus dari Nabi Muhammad SAW dan menyarankan agar para habaib melakukan tes DNA.

Disisi lain, untuk mengetahui silsilah para habib di Indonesia, bisa dilihat dari pencatatan nasab yang dilakukan Rabithah Alawaiyah, yang mana para keturunan habib itu datang ke Indonesia sekitar 1880 sampai 1943 M.

Mereka semua berasal dari keluarga Ba’alawi yang sebelumnya tinggal di Yaman. Kebanyakan di antara mereka tidak melakukan kawin campur dengan warga lokal, sehingga garis keturunan tidak bercampur.

Gus Miftah turut mendukung perlunya tes DNA untuk memastikan apakah seseorang itu benar-benar habib. Hal ini perlu diketahui agar tidak ada orang yang mengaku-ngaku dan mencoreng keturunan asli Nabi Muhammad SAW.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:01
06:13
08:31
03:29
04:25
Viral