Burung hantu tyto alba yang dikembangkan di kawasan karantina burung hantu Desa Tlogoweru, Demak, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Tim tvOne - Syamsul Arifin

Mengenal Tyto Alba, Sang Pemburu Hama Tikus Penjaga Sawah Petani

Rabu, 12 Januari 2022 - 08:12 WIB

Demak, Jawa TengahBurung hantu jenis tyto alba yang juga dikenal dengan Serak Jawa, merupakan salah satu jenis burung predator  pemangsa yang populer untuk mengendalikan hama  tikus, baik di area perkebunan maupun pertanian.

Berkaca dari banyaknya kejadian orang tersengat jebakan tikus beraliran listrik, kehadiran tyto alba  kini menjadi perhatian luas.

Bahkan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengimbau kepada para petani dalam mengendalikan hama tikus menggunakan cara-cara alami. Salah satunya memanfaatkan burung hantu tyto alba.

Salah satu  tempat  yang dikenal  sebagai   pelopor  kawasan  budi daya burung hantu tyto alba terdapat di  Kabupaten Demak, tepatnya di Desa Tlogoweru, Kecamatan Guntur.

Para petani sekitar tahun 2010,  membudidayakan tyto alba ini, salah satu species burung hantu yang mudah dikembangkan. Jenis ini termasuk dalam barn owl (burung hantu gudang), relatif terbiasa dengan kehadiran manusia, burung ini cenderung memanfaatkan bangunan sebagai sarang.

" Burung hantu jenis ini merupakan salah satu predator pemangsa tikus. Jadi burung ini dapat dimanfaatkan dilahan pertanian sebagai pengendalian hama tikus secara alami,” kata Minto (52) pengelola karantina dan budidaya  tyto alba di Desa Tlogoweru, Selasa (11/1/2022)

Menurut Minto,  yang juga  Kaur Pemerintahan Desa Tlogoweru,  awalnya para petani resah karena munculnya hama  tikus  yang   menyerang  areal pertanian. Akibat serangan  tikus  itu, areal  pertanian  menjadi   rusak.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral