Perangkat Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, menyerahkan bibit alpukat kepada pengantin baru.
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Unik, Desa di Wonogiri Ini Wajibkan Pengantin Baru Tanam Buah Alpukat

Rabu, 12 Januari 2022 - 16:36 WIB

Wonogiri, Jawa Tengah - Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah mempunyai  aturan unik saat warganya melangsungkan pernikahan. Kedua mempelai harus menanam dua bibit alpukat di pekarangan atau kebun mereka.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Desa atau Perdes No.3/2016. Aturan ini tergolong unik, sebab aturan menikah berupa materi tidak hanya mahar atau mas kawin saja, melainkan juga harus menanam pohon alpukat.

Selain unik, syarat yang ditetapkan di desa itu tergolong jarang ditemukan di daerah lain.

"Aturan tentang pengantin wajib menanam pohon alpukat itu sudah diterapkan sejak 2016," kata Kepala Desa Ngroto, Wagiman, saat ditemui Rabu (12/1/2022).

Wagiman menegaskan Pemerintah desa menerapkan peraturan tersebut agar di masa yang akan datang Desa Ngroto bisa menjadi sentra buah-buahan, terutama alpukat. Sebab buah itu mampu meningkatkan gizi dan perekonomian warga setempat.

"Bibit alpukat untuk para pengantin kami (Pemerintah desa) sediakan. Alpukat yang ditenam jenis mentega," ungkap dia.

Menurut Wagiman, alpukat jenis mentega bisa dipanen paling cepat empat tahun setelah ditanam. Namun juga tergantung pada pemupukan dan perawatannya. Panen bisa memperoleh hasil maksimal saat alpukat sudah berusia 10 tahun.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:09
01:56
01:27
00:49
01:46
Viral