Ilustrasi kadal.
Sumber :
  • unsplash.com

Fakta-Fakta Daur Hidup Kadal

Senin, 7 Maret 2022 - 19:34 WIB

Dalam artikel ini kamu akan belajar tentang daur hidup kadal. Kadal sendiri masuk ke dalam kategori reptil dan terdiri atas paling tidak 5.550 jenis spesies. Banyak sekali, bukan?

Sebagai sesama reptil, kadal dan ular memiliki kedekatan fisik jika dilihat dari segi saintifik. Dua spesies itu sama-sama bernapas dengan paru-paru dan memiliki lapisan kulit tebal seperti sisik. Sebagian besar kadal memiliki empat kaki dengan cakar, kelopak mata, dan lubang telinga. Bedanya kadal dengan ular adalah ular tak memiliki ciri fisik tersebut.

Ciri-Ciri dan Perilaku Kadal

Kadal lazim ditemukan di wilayah-wilayah beriklim hangat, terutama di wilayah tropis yang basah. Namun beberapa kadal juga ditemukan di daerah-daerah tandus seperti padang pasir. Australia, benua tertandus di bumi memiliki paling tidak 300 spesies kadal.

Namun demikian, jumlah spesies di wilayah-wilayah tropis jauh lebih banyak. Hingga kini tak jarang spesies-spesies kadal baru ditemukan di wilayah tropis Amerika Latin.

Sebagian besar spesies kadal merupakan pemakan daging atau karnivora dengan perilaku berburu yang cenderung pasif atau menunggu dan menjebak mangsa yang lewat di wilayah buruannya (tidak berburu aktif seperti macan).

Jika dibandingkan dengan hewan-hewan lainnya, kadal memiliki ukuran yang beragam seperti ular. Skink atau kadal tanah dan cicak disebut-sebut merupakan spesies kadal terkecil. Sedangkan kadal terbesar di dunia ternyata memiliki habitat di Indonesia yakni Komodo dragon dengan panjang dapat mencapai tiga meter.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral