Proses membayar pajak satu hari lunas di Desa Pekandangan, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Kirab Pring Pethuk Sedina Lunas, Tradisi Bayar Pajak di Banjarnegra

Senin, 21 Maret 2022 - 09:01 WIB

Banjarnegara, Jawa Tengah – Membayar pajak bumi dan bangunan (PBB)  adalah hal wajib bagi setiap warga negara Indonesia. Di Desa Pekandangan, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Minggu siang (20/03/2022) ada yang unik dan berbeda ketika para warga melakukan pembayaran pajak. Dengan membawa potongan bambu, warga membayar pajak  bumi dan bangunan secara bersama-sama.

Namun bambu yang dibawa bukanlah bambu biasa, melainkan sebuah celengan atau tabungan yang didalamnya berisi sejumlah uang yang akan digunakan untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Sebelum membayarkan sejumlah uang untuk membayar pajak, ratusan warga ini mengenakan pakaian adat jawa dan melakukan kirab dengan berjalan kaki menuju Hutan Pinus Buaran yang menjadi lokasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. Bahkan sebagian warga juga terlihat membawa hasil bumi untuk dimakan bersama usai membayar pajak.

Salah satu warga Desa Pekandangan, Surahman mengaku senang dengan proses pembayaran PBB tersebut. Selain meriah, juga mengajarkan kepada warga rasa tanggung jawab.

“Rasanya jadi senang membayar pajak. Acaranya ramai dan tentunya mengajarkan rasa tanggungjawab warga,” ujarnya usai acara di Hutan Pinus Buaran, Minggu (20/03/2022).

Warga Desa Pekandangan lain Atur Rizki menuturkan kegiatan tersebut meringankan warga dalam membayar PBB. Ia mengaku sudah mulai mengumpulkan uang sisa belanja untuk membayar pajak sejak 6 bulan yang lalu.

“Ini meringankan, karena tidak terasa uang sisa belanja kami sisihkan di bambu. Mulai dari Rp500 sampai Rp10 ribu. Tidak terasa uang untuk membayar PBB sudah terkumpul,” kata dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral