Ibu-ibu di Desa Randugunting, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang memilah sampah di Bank Sampah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Bank Sampah Warga Randugunting, Lingkungan Bersih Cuan pun Datang

Selasa, 22 Maret 2022 - 09:20 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Persoalan sampah sepertinya tidak akan ada habisnya jika harus dibahas tanpa tindakan. Sejumlah ibu di Desa Randugunting, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, melakukan aksi peduli lingkungan dengan membuka "Bank Sampah" yang dikelola secara swadaya. 

Di Desa Randugunting saat ini ada 3 bank sampah yang dikelola oleh ibu-ibu PKK dan telah berjalan sejak tahun 2020 lalu. Bank Sampah berperan dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar untuk bisa mengelola sampah rumah tangga sejak awal. Dan untuk sampah yang memiliki nilai ekonomis atau bisa didaur ulang akan dibeli oleh bank sampah. 

Ketua kelompok kerja bank sampah Maju jaya, Randugunting, Bergas, Supriyati menjelaskan, awal mula berdirinya Bank Sampah di desanya berawal dari sosialisasi oleh kelompok bintari mengenai pengelolaan sampah. Dari sosialisasi ini masyarakat mengetahui manfaat dan keuntungan dari pengelolaan sampah

" Dari sosialisasi ini kami tertarik karena manfaat yang membuat lingkungan bersih dan bisa menghasilkan uang tambahan bagi ibu ibu, " jelasnya saat dijumpai Senin (21/3/2022). 

Sebagai awal berdirinya Bank Sampah, tidak banyak yang bergabung dengan program ini karena masyarakat belum mengetahui manfaat dan keuntungan yang dihasilkan dari bank sampah. 

" Bulan Februari 2020 baru ada 11 warga yang menjadi anggota Bank Sampah. Namun dengan sosialisasi yang terus menerus dilakukan kerjasama warga, Bintari dan CCEP Indonesia, saat ini hampir semua warga menjadi anggota Bank Sampah," ujarnya.

Dengan adanya bank sampah di lingkungannya, saat ini banyak masyarakat yang mukai memilah sampah dan menjual sampah bernilai ekonomis dan bisa didaur ulang. Dari penjualan sampah ini, rata rata masyarakat mendapat Rp50 ribu hingga Rp100 ribu tiap bulannya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral