Sepaket cimplung mix, terlihat legitnya..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Cimplung Kudapan Manis Banyumasan, Dimasak dengan Nira Kelapa

Selasa, 29 Maret 2022 - 08:46 WIB

Banyumas, Jawa Tengah - Kudapan khas Kabupaten Banyumas ini berasa manis karena dimasak dalam nira kelapa. Meski bahan utamanya bisa bermacam-macam, cimplung memiliki cita rasa yang sama, manis pekat.

Cimplung sudah dikenal sejak gula kelapa dibuat. Kudapan warisan leluhur yang berusia sangat tua. Hingga kini, selama industri rumahan gula kelapa ada, cimplung akan tetap ada.

"Sekarang bisa tiap hari ada yang pesan untuk dibuatkan cimplung, karena mereka menerima pesanan lewat online," ujar Karsiah, perajin gula kelapa di Desa Rancamaya, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, yang melayani pembuatan cimplung.

Karsiah biasa melayani cimplung dari berbagai macam bahan. Seringnya adalah ubi kayu. Namun bahan lain seperti ubi jalar, pisang, kelapa muda, labu, sampai talas, juga ada yang pesan.

"Umumnya pakai ubi kayu. Sekarang malah ada istilah mix. Jadi sepaket isi berbagai macam cimplung," ujarnya. 

Proses membuat cimplung disebut nyimplung, karena memasukan atau cemplung ke dalam air nira. Saat air nira mulai mendidih, bahan-bahan cimplung seperti ubi atau pisang itulah dimasukan. Direbus hingga matang.

Citarasa manis legit khas gula kelapa sangat terasa. Karena proses memasak memang mengambil salah satu tahapan membuat gupa kelapa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
Viral