Gentle Parenting, Pola Asuh Penuh Kasih Sayang.
Sumber :
  • unsplash/omar lopez

Gentle Parenting, Pola Asuh Penuh Kasih Sayang

Rabu, 27 April 2022 - 10:02 WIB

Setiap orang tua menerapkan pola asuh yang berbeda dalam mengasuh dan membesarkan anak mereka. Salah satu pola pengasuhan yang saat ini banyak diterapkan oleh orang tua milenial adalah gentle parenting.

Gentle parenting adalah pola asuh dengan cara yang lembut dan penuh kasih sayang dari orang tua kepada buah hatinya. Parenting yang seperti ini pun dianggap bisa memberikan banyak manfaat positif kepada anak. Namun perlu diingat, gentle parenting memerlukan kesabaran dan waktu yang tidak cepat.

Gentle parenting sendiri hanya dapat dibangun atas dasar:

memahami perasaan anak
Berempati terhadap anak
menunjukkan rasa hormat kepada anak
menetapkan batasan 
Mengenali anak anda sebagai individu dan menanggapi kebutuhan mereka

Sarah Ockwell-Smith, penulis “The Gentle Parenting Book,” mengatakan bahwa gentle parenting dapat membantu orang tua membangun hubungan dengan anak berdasarkan kemauan dan pilihan mereka, bukan kepada harapan dan aturan anda.

Dahulu kala, pola asuh otoriter yang kuno yang mengedepankan anak harus menuruti semua kemauan orang tua dan juga ada hukuman bagi anak yang dianggap tidak menurut. 

Berbanding terbalik dengan gentle parenting berfokus pada hubungan anda dan anak, cara berkomunikasi, dan konsistensi. Beberapa hal dibawah ini perlu diperhatikan dalam gentle parenting:

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:28
04:58
01:44
02:05
04:10
05:46
Viral