Anwar Usman melakukan gladi bersih jelang pernikahan, Rabu (25/5/2022)..
Sumber :
  • ANTARA

Mengenal Tradisi Jonggolan Pada Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK

Kamis, 26 Mei 2022 - 11:02 WIB

Jakarta - Adik Presiden Joko Widodo, Idayati dan Ketua MK Anwar Usman menikah hari ini, Selasa (26/5/2022), di Graha Saba Buana, Sumber Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Akad nikah dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB dan pada pukul 10.00 WIB dilangsungkan proses ijab kabul.

Diketahui, Idayati dan Anwar memilih tema Jawa klasik untuk dekorasi pernikahan. Hiasan limasan, bunga melati, janur, hingga tumpeng sari akan ditampilkan sebagai dekorasi.

Sebelum melangsungkan akad nikah, calon pengantin juga mengikuti tradisi jonggolan atau klarifikasi data pada Rabu (25/5/2022) kemarin. 

Tradisi tersebut juga merupakan bagian dari tradisi midodareni dalam pernikahan adat Jawa. Tradisi itu melibatkan pihak KUA untuk memeriksa data calon pengantin dari pihak mempelai perempuan dan laki-laki.

Dalam tradisi Jonggolan biasanya calon mempelai laki-laki serta keluarga datang ke rumah calon mempelai perempuan. Calon mempelai laki-laki datang dengan memamai kain batik wiron, blangkon tanpa keris, dan beskap.

Tujuan dari acara ini agar keluarga calon mempelai perempuan bisa menilai kesiapan jasmani serta niat calon mempelai laki-laki menjelang akad nikah.

Pada tradisi ini, ayah dari calon mempelai perempuan akan memberikan nasihat kepada calon mempelai laki-laki baik secara lisan maupun tertulis. (Syf/ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral