Direktur Jenderal Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.
Sumber :
  • Viva.co.id

Tegas! Google, Facebook, dan Twitter Belum Daftar PSE di Indonesia, Kominfo: Masak Melapor Saja Nggak Mau

Selasa, 28 Juni 2022 - 23:39 WIB

Jakarta - Pemberitaan Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengingatkan kepada perusahaan teknologi global besar seperti Facebook, Google, dan Twitter untuk segera melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). 

Ketiga perusahaan teknologi tersebut akan dikenakan pemblokiran oleh Kominfo jika tidak melakukan pendaftaran sebelum tenggat waktu yang ditentukan, yakni (20/7/2022).

“Mereka ini kan berbisnis di Indonesia jadi harus daftar PSE. Ibaratnya kita bertamu aja harus izin ke RT/RW 2x24 jam. Lah, ini mereka berbisnis masak melapor saja nggak mau,” ungkap Direktur Jenderal Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan yang dikutip dari laman VIVA (28/6/2022).

Lebih lanjut, Kominfo akan memberikan berbagai macam sanksi berupa teguran, tertulis hingga pemblokiran, baik sifatnya yang sementara hingga permanen. 

Pihaknya juga telah mengingatkan jika peringatan sudah dikeluarkan tiga kali, maka akan dikenakan sanksi tertinggi yaitu pemblokiran. Sebab, peraturan pendaftaran PSE tersebut telah diumumkan sejak tahun 2020.

“Kalaupun ada peringatan, sekalinya peringatan langsung dijalankan. Misalnya, ‘maaf kami harus memblokir Anda’ kayak gitu. Jadi bukan lagi, ‘Eh Anda akan saya blokir’. Ini sudah diumumkan sejak tahun 2020,” tuturnya.

Baca Juga Siap-Siap! Google, Facebook, dan Twitter akan Diblokir Indonesia, Ini Alasan Kominfo

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral