Gajah..
Sumber :
  • Pixabay

Hewan-hewan Keramat yang Masih Hidup Sampai Sekarang, Menyebar di Berbagai Belahan Dunia

Rabu, 29 Juni 2022 - 23:21 WIB

Jakarta - Di sekeliling kita ada berbagai jenis hewan mulai yang jinak sampai hewan liar, hewan yang berukuran kecil hinggap hewan yang memiliki ukuran yang besar. Namun ada juga hewan-hewan yang dianggap keramat atau yang dianggap suci, berikut  dirangkum hewan-hewan yang dianggap keramat.

Hewan-hewan tersebut dianggap keramat dikarenakan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat ataupun kepercayaan-kepercayaan dari agama. Selayaknya manusia, hewan juga makhluk hidup ciptaan Tuhan yang memiliki kehendak menentukan nasibnya sendiri.

1. Gajah

Gajah dianggap hewan keramat di berbagai negara seperti di India dan di Thailand. Bahkan ditemukan di beberapa kuil yang berada si selatan India masyarakat sedang memujanya. Dalam mitologi Hindu, gajah dianggap sebagai reinkarnasi dewa Ganesha, Dewa ini merupakan anak dari Dewa Siwa yang memiliki wujud manusia berkepala gajah yang sedang menunggangi seekor tikus bernama Bandicoot.

Masyarakat India selalu merayakan pemujaan terhadap Dewa Ganesha di setiap tahunnya, di banyak kuil peziarah pun kerap kali meminta keberkahan dari sang gajah tersebut. Selain itu masyarakat juga menjadikan gajah sebagai lambang ketenangan, kekuatan, kebijaksanaan, dan kerajaan.

Hampir mirip dengan India di Thailand gajah juga termasuk hewan yang dikeramatkan. Hal tersebut berkaitan dengan kemakmuran kerajaan dengan perlambangan gajah yang dihormati selama lima ribu tahun.

Bahkan gajah putih dijadikan simbol Negara Thailand, dan pada tahu 1971 siluet gajah digunakan sebagai bendera negeri tersebut.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral