Citayam Fashion Week.
Sumber :
  • Tim tvOne/Julio Trisaputra

Citayam Fashion Week, 'Ruang Ketiga' Ala Anies, dan Demokratisasi Jalan Jenderal Sudirman

Kamis, 14 Juli 2022 - 18:19 WIB

Jakarta- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan baru-baru ini mengomentari fenomena Citayam Fashion Week. Sebutan itu muncul saat remaja asal Citayam dan sekitarnya yang 'menguasai' kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat dengan berbagai gaya pakaian mereka yang unik.

Anies juga membuat plesatan fenomena yang viral bernama Citayam Fashion Week dengan akronim SCBD, kepanjangan "Sudirman Central Business Distric" sebagai kawasan pusat perkantoran itu menjadi "Sudirman Citayam Bogor Depok".

Menurut Anies, fenomena SCBD merupakan bentuk demokratisasi yang dibangun negara dalam memberi ruang alternatif pada semua kalangan masyarakat untuk berinteraksi dan berkegiatan yang disebut ruang ketiga.

"Sebagai sebuah pengalaman, siapa saja silakan datang. Saya mengistilahkan demokratisasi Jalan Jenderal Sudirman, karena menjadi milik semua, siapa saja bisa datang menikmati," kata Anies pada awak media beberapa waktu lalu.

Anies mengatakan dibangunnya ruang-ruang publik menjadi ruang ketiga ini juga untuk  menyetarakan seluruh elemen masyarakat. Menurutnya dengan keberadaan ruang publik ini seluruh pihak bisa menikmatinya.

Dia mengungkap, sebelum muncul ruang publik dan trotoar yang luas, Jalan Jenderal Sudirman hanya dimiliki oleh orang-orang kantoran yang bekerja di kawasan tersebut. Sementara, orang-orang yang tidak bekerja di kawasan tersebut tidak bisa menikmatinya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral