Arsitektur Sekitar Ibu Kota Baru.
Sumber :
  • istimewa

Arsitektur Sekitar Ibu Kota Baru

Kamis, 21 Juli 2022 - 22:27 WIB

Jakarta - Eksistensi bangunan tradisional di Kalimantan pasti terimbas oleh kehadiran pembangunan infrastrukstur ibu kota baru yang dipredisksi akan menyedot banyak fungsi baru dan tuntutan desain arsitekturnya. 

Harapan agar arsitektur daerah yang memiliki keunikan seni budaya itu, tetap hadir sebagai representasi etnik masyarakat Kalimantan yang terdiri dari banyak suku diantaranya Kutai, Paser, Dayak, Berau, Banjar, Jawa, Bugis, Makasar dan Madura, ditampilkan dalam keragaman gaya yang memperkaya arsitektur di Ibu kota Baru Nusantara (IKN).

Melihat fenomena perkembangan arsitektur lokal di sekitar ibu kota baru yang akan menjadi bagian dari destinasi wisata, Majalah Asrinesia dan Kenari Djaja bekerja sama dengan IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Kalimantan Timur berinisiatif membuat Seminar virtual berjudul Arsitektur Sekitar ibu kota baru pada Kamis (21/7/2022).

Peserta seminar sekitar 900 orang dari berbagai keahlian dan profesi di Indonesia. Beberapa pakar arsitektur dengan data seni budaya arsitektur khas Kalimantan sebagai bagian dari Arsitektur Nusantara berkenan membagi pengalamannya, didukung oleh Otorita Ibu kota Nusantara (IKN).

Pembahasan arsitektur sekitar kawasan ibu kota baru ini disambut baik oleh masyarakat luas terutama para arsitek, seperti dikatakan oleh Ketua IAI Kaltim Wahyullah B. Ombang dalam sambutan pembukaan seminar. Karena hal ini membuka kesempatan bagi arsitek di Kaltim dan sekitarnya untuk memajukan arsitektur lokal dalam memenuhi kebutuhan baru dan modernisasi. 

Hal senada dikatakan juga oleh Koordinator Tim Ahli-Tim Transisi Ibu kota Nusantara, Wicaksono Sarosa yang mewakili otorita ibu kota baru, bahwa pembangunan arsitektur di sekitar ibu kota baru akan memperkaya fasilitas penunjang lingkungannya.

Filosofi dan latar belakang budaya arsitektur khas Kalimantan disampaikan oleh arsitek Faizal Baharuddin, IAI kandidat Doktor dari Arsitektur UNTAG Samarinda yang telah melakukan kajian tentang rumah tradisional dan lingkungan pemukiman di Kalimantan Timur. Karakter arsitekturnya memperlihatkan struktur kehidupan masyarakat Kalimantan, berupa karya adiluhung yang memukau wisatawan yang berkunjung.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral