anggota Pramuka yang sedang mengikuti upacara.
Sumber :
  • instagram @pramuka.jakarta

Sambut Hari Pramuka 14 Agustus, Simak Sejarah Gerakan Pramuka

Kamis, 11 Agustus 2022 - 17:07 WIB

Jakarta - Agustus adalah bulan spesial bagi bangsa Indonesia, tak hanya merayakan Hari Kemerdekaan RI saja, tetapi juga memperingati hari organisasi kepanduan Indonesia yaitu Pramuka

Sejak 1961, Hari Pramuka diperingati setiap 14 Agustus yang pada tahun ini seluruh anggota Pramuka akan memperingati HUT Pramuka ke-61.

Pramuka sendiri merupakan bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Sejarah Hari Pramuka di Indonesia tidak terlepas dari perjalanan kemerdekaan bangsa ini. Sejarah terbentuknya Pramuka di Indonesia ada kaitannya dari sejarah Internasional terbentuknya organisasi. 

Gerakan pendidikan kepanduan pertama kali dikembangkan oleh Robert Stephenson Smyth Baden Powell of Gilwell atau akrab disebut Baden Powell. Baden Powell terkenal juga sebagai Bapak Pandu Dunia.

Gerakan ini awalnya ditujukan untuk membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam tindak kriminal dan kekerasan pada tahun 1907. Pembinaan inilah yang kemudian berkembang menjadi gerakan kepanduan.

Organisasi Pramuka di Indonesia dimulai pada 1912 dengan dibentuknya cabang Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO). Namun, setelah Perang Dunia I organisasi ini kemudian berganti nama menjadi Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging (NIPV). 

Setelah itu, muncul organisasi kepanduan yang diprakarsai S.P.Mangkunegara VII dengan nama Javaansche Padvinders Organisatie. Ada pula organisasi kepanduan yang didirikan oleh Budi Utomo yang bernama Nationale Padvinderij. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
04:19
01:51
04:21
03:35
06:27
Viral