kontestan Miss Grand Internasional 2022, Andina Julie mengenakan kostum reog dengan tema “The Mystical Art of Reyog.
Sumber :
  • Instagram @@andina_julie

Gunakan Kostum Nasional Reog Ponorogo, Andina Julie Tuai Sorotan di Miss Grand Internasional 2022

Jumat, 21 Oktober 2022 - 13:39 WIB

Jakarta – Andina Julie, konsestan asal Indonesia dalam ajang Miss Grand International 2022 menjadi sorotan karena penampilan memukainya mengenakan kostum nasional Reog Ponorogo dalam pentas National Costume Miss Grand International 2022.
 
Acara ini diselenggarakan pada Kamis, 20 Oktober 2022 di Sentul International Convention Center (SICC) di Bogor, Jawa Barat. 

Di panggung kompetisi ini, lebih dari 60 kontestan menampilkan kostum yang mewakilkan budaya dan tradisi negara dari masing-masing peserta. Termasuk pula dengan Miss Grand Indonesia 2022 yang tampil memukau mengenakan kostum nasional Reog Ponorogo.
 
Dengan mengusung tema “'The Mystical Art of Reyog', kostum nasional Indonesia ini terinspirasi dari keindahan dan aura mistis Reog Ponorogo, sebuah seni tari tradisional yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur.
 
Inggi Indrayana Kendran, seorang desainer asal Bali merupakan sosok dibalik terciptanya kostum nasional yang menarik ini. Tampilan anggun nan gagah terpancar ketika Andina Julie tampil memakai kostum yang didominasi warna emas dan hitam tersebut. Simbol utama dari Reog Ponorogo ditonjolkan dengan karakter Singa Barong atau sebutan populernya Barongan.
 
Dalam legenda Reog, Barongan digambarkan dengan sosok singa raksasa yang ditakuti dengan bulu-bulu burung merak di atasnya. "Singa merepresentasikan Raja Majapahit, sementara bulu merak adalah ratunya sebagaimana Reog menceritakan kisah tentang perjuangan seorang pangeran yang ingin melamar putri cantik," jelas Inggi, sang desainer.
 
Ivan Gunawan, desainer terkenal, pendiri Yayasan Dunia Mega Bintang sekaligus Direktur Nasional Miss Grand Indonesia kerap memberikan komentar terkait kostum ini.
 
"Yang membuat spesial, karena Reog merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah dikenal di mancanegara," katanya.
 
"Kali ini, Indonesia mewujudkan Reog menjadi national costume dengan pendekatan teknologi. Ini menandakan bahwa unsur budaya tradisional bisa dipadukan juga dengan kemajuan teknologi terkini," lanjut desainer yang sering disapa Igun itu.
 
Sedangkan Andina mengungkapkan rasa bangganya dapat membawa kostum Reog di pentas kontes Miss Grand International 2022.
 
"Aku disandingkan dengan Miss Grand dari semua negara di dunia. Bagiku kompetisi ini enggak sekadar kompetisi, tapi juga ajang buat aku belajar dan membuat mataku tentang dunia," ungkap perempuan berusia 21 tahun tersebut dalam sebuah wawancara. (MG9/ree)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral