Wisatawan melihat lukisan batu karya Sidik..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Seni Melukis Batu, Pemuda Kulon Progo Sulap Batu Kali Jadi Lukisan Bernilai Jual Tinggi

Selasa, 1 November 2022 - 08:13 WIB

Kulon Progo, DIY - Batu kali yang dianggap tidak berguna dan dibiarkan begitu saja justru bisa menjadi karya seni yang bernilai jual tinggi. Ditangan pemuda asal Desa Purwoharjo , Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mampu menciptakan lukisan sarat makna yang harga jualnya bisa tembus hingga ratusan ribu rupiah.

Pemuda tersebut bernama Sidik Citra Nurgita, mampu menciptakan lukisan seperti pemandangan alam, tokoh kartun, tokoh masyarakat bahkan wajah Menteri Pariwisata Sandiaga Uno telah di beli mas Menteri saat berkunjung ke wisata Desa Tinalah, Kulon Progo, Yogyakarta dalam rangka anugerah desa wisata.

Proses pembuatan batu lukis ini terbilang gampang - gampang susah. Dengan kondisi  tekstur pada batu yang tidak semua rata, Sidik harus selektif dalam memilih batu.

"Untuk batu yang dipilih mungkin batu yang agak-agak pipih gitu permukaannya, yang agak rata. Untuk jenisnya enggak ada yang khusus. Yang penting asli dari Tinalah itu aja," ujar Sidik Senin (31/10/2022).

Sidik menjelaskan pada prinsipnya proses melukis batu sama saja dengan membuat lukisan dari media kanvas. Namun, tingkat kesulitannya lebih tinggi. Lagi-lagi karena masalah tekstur serta permukaan batu yang tidak rata. 

"Untuk perbedaannya mungkin lebih sulit ya. Kalau di kanvas kan sudah biasa karena permukaannya rata, kalau di batu permukaannya beda-beda, teksturnya beda, jadi lebih teliti untuk membuat detilnya itu agak susah," ujar Sidik.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
02:08
01:01
19:40
00:44
02:52
Viral