Ratusan Santri Membaca Alquran di Pondok Pesantren Darul Iman Aceh Tenggara..
Sumber :
  • Tim TvOne/Lantra

Jelang Bulan Suci Ramadhan, Pesantren Tertua di Aceh Tenggara Galakkan Baca Al-Qur’an

Sabtu, 11 Maret 2023 - 12:39 WIB

Aceh Tenggara, tvOnenews.com - Menyambut bulan suci Ramadhan, Pondok Pesantren Darul Iman yang terletak di Desa Terutung Megara Baru, Kecamatan Lawe Sumur, Kabupaten Aceh Tenggara, meningkatkan kegiatan membaca Al-Qur’an dan tadarus bagi santri.

Pimpinan Pondok pesantren Darul Iman, Ustadz H Bukhari Husni, mengatakan kepada tvonenews.com, Yayasan Pondok Pesantren yang ia pimpin merupakan dayah yang tertua di Aceh Tenggara. Berdirinya pesantren ini sejak tahun 1961 yang pada saat itu dikelola oleh almarhum H Hamdan bin H Hasan.

Kini pondok pesantren Darul Iman ini dikelola dan dikembangkan oleh Ustadz H Bukhari Husni selaku pimpinan pesantren saat ini.

Saat memasuki pesantren ini, kita akan disuguhkan pemandangan aktivitas sebanyak 585 santri yang lagi membaca Alquran di masjid secara serentak. Lantunan merdunya suara para satriwan dan santriwati ini terasa menyejukkan hati bagi siapapun yang mendengarnya.

Di dalam pondok pesantren ini terdapat sebuah makam pendiri pertama Pondok Pesantren Darul Iman, almarhum H Hamdan bin H Hasan yang terletak di tengah asrama laki-laki. Makan ini merupakan bentuk penghargaan kepasa sosok penggagas pesantren agar dapat dikenang oleh para santri.

Dalam pesantren ini terdapat peninggalan sejarah di masa lalu, di mana para santri mengikuti sistem pembelajaran di balai pengajian. Sampai saat ini, balai tersebut masih dalam keadaan utuh sebagai nilai sejarah.

Walau sudah memasuki era pembelajaran modern, nilai sejarah itu tetap melekat dan dipertahankan, sehingga menjadi nilai sejarah tersendiri bagi pesantren darul iman itu. (lan/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
01:06
02:40
02:12
02:15
Viral