Tradisi jelang Ramadhan, warga Musi Banyuasin berziarah kubur..
Sumber :
  • Tim TvOne/Puja

Tradisi Jelang Ramadhan, Warga di Musi Banyuasin Ramai Kunjungi Makam

Jumat, 17 Maret 2023 - 17:38 WIB

Musi Banyuasin, tvOnenews.com – Sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ziarah kubur menjadi satu kegiatan yang lazim dilakukan umat Islam di Indonesia.

Warga di Desa Karya Maju, Kecamatan Keluang, Musi Banyuasin, mulai beramai-ramai berziarah ke kuburan atau Tempat Pemakaman Umum (TPU) sebagai tradisi jelang Bulan Suci Ramadhan.

Warga membersihkan makam dan mendoakan, khususnya makam milik keluarga atau tokoh agama yang pada masa hidupnya sebagai orang sholeh yang tekun beribadah. 

Kepala Desa Karya Maju, Yas Budaya mengatakan, warga beramai-ramai melaksanakan ziarah kubur dan membersihkan makam keluarganya, ini terjadi setiap tahun menjelang Bulan Suci Ramadhan.

"Setiap tahunnya warga di desa kami ini pak. beramai-ramai mendatangi makam keluarga mereka khusus menjelang Bulan Suci Ramadhan, warga membersihkan makam, berdoa sambil tabur bunga. Setiap harinya bahkan lebih dari seratus warga, baik warga desa maupun warga luar desa bahkan luar daerah kami, semuanya banyak yang datang untuk berziarah," pungkas Yas Budaya.

Ramainya warga yang datang ke makam membuat pihak pemerintah desa bersama TNI Polri terpaksa harus turun tangan membantu warga serta menjaga keamanan warga yang sedang berziarah. (pka)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral