Ilustrasi Al-Qur'an.
Sumber :
  • unsplash

Tafsir Surah Al-Fatihah, Pembuka dalam Al-Qur'an

Senin, 20 Maret 2023 - 19:08 WIB

Jakarta, tvOnenews - Al-Fatihah disebut istimewa karena merupakan surah pertama dalam Al-Qur'an. Sementara jika dilihat secara bahasa, kata al-fātihah (الفَاتِحَة) bermakna pembuka. 

Surah Al-Fatihah merupakan surah Makkiyah atau surah yang turun di Makkah sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.

Selain sebagai surat pembuka, surah Al-Fatihah juga memiliki sejumlah keutamaan, sebagaimana dapat dibaca dalam sejumlah hadits Nabi Muhammad SAW. 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari, Nabi Muhammad menyebut bahwa keutamaan surah al-Fatihah sebagai bagian dari Kitab Suci al-Qur’an yang paling agung.

Dalam hadits itu dicantumkan bahwa Imam al-Bukhari dalam kitabnya Shahih al-Bukhari di bawah bab Fadhl Fatihah al-Kitab atau keutamaan al-Fatihah.

Hadits tentang keutamaan surah Al-Fatihah itu berdasarkan penuturan sahabat Nabi Muhammad yang bernama Abū Sa'īd bin al-Mu'allā bahwa Rasulullah bersabda,

أَلَا أُعَلِّمُكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ فِي الْقُرْآنِ قَبْلَ أَنْ تَخْرُجَ مِنْ الْمَسْجِدِ فَأَخَذَ بِيَدِيْ فَلَمَّا أَرَدْنَا أَنْ نَخْرُجَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّكَ قُلْتَ لَأُعَلِّمَنَّكَ أَعْظَمَ سُوْرَةٍ مِنْ الْقُرْآنِ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ هِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنُ الْعَظِيْمُ الَّذِي أُوتِيْتُهُ

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
07:09
02:26
00:58
Viral