Suasana gotong-royong bersih makam warga desa, Rabu (22/3/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Bersih Makam Jelang Ramadhan, Tradisi dan Nilai Gotong Royong Masih Dijalankan di Desa Pinggiran Banyumas

Rabu, 22 Maret 2023 - 09:57 WIB

Banyumas, tvOnenews.com - Tradisi bersih makam secara gotong royong masih dijalankan di hampir semua desa di pinggiran Kabupaten Banyumas, Jateng. Aktivitas itu sudah terlihat sejak H-7 memasuki Ramadhan.

Seperti di pemakaman umum Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Sejak pagi, ratusan warga membawa alat kebersihan, mulai dari cangkul, sabit, hingga sapu lidi.

"Rumput-rumput kita bersihkan, dan dahan pohon kita potong, agar lebih rapi dan tak berkesan 'singup'," ujar Kepala Dusun Karangtengah, Amin Fauzi, Rabu (22/3/2023).

Pemakaman umum di desanya ada tiga lokasi. Masing-masing diperuntukkan bagi warga beberapa RW atau dusun di sekitar terdekat makam.

"Sehingga yang menjaga, merawat, atau istilahnya mengelola, adalah warga sekitar. Biasanya dikoordinir oleh kadus, Ketua RT dan RW setempat," jelasnya. 

Warga Desa Pandansari, Kecamatan Ajibarang juga turun ke pemakaman. Mereka menyisir tanah makam, membuang rumput. Beberapa bagian makam yang retak atau amblas juga dibenahi.

"Semuanya kaum lelaki. Terbiasa, tiap jelang bulan puasa kita gugur-gunung kerja bakti bersihkan makam," jelas Eko, salah seorang warga.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral