bancake durian lezatnya untuk berbuka puasa.
Sumber :
  • tim tvone - umar sanusi

Pancake Durian Asal Jombang, Lezatnya sebagai Pembuka Puasa

Rabu, 22 Maret 2023 - 14:32 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Pancake dari bahan-bahan lain telah dikenal luas di masyarakat sebagai kue hidangan dan buah tangan. Namun pancake durian bisa jadi masih belum banyak dikenal. 

Pasangan suami istri pedagang durian yang juga pemilik warung aneka makanan di Wonosalam, Jombang, berinovasi salah satunya membuat pancake durian yang melimpah di daerah tersebut. Selain memanfaatkan buah durian lokal yang memiliki rasa khas legit dan pahit, juga sebagai respon para penyuka durian yang ingin menikmati durian dengan cara berbeda. Sebab banyaknya durian dalam pancake tersebut seolah menikmati durian segar sehingga konsumen dibuat ketagihan.

Pancake durian dibuat pemilik warung aneka makanan Griya Duren di Dusun Pucangrejo, Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Sebanyak 9 desa di Kecamatan Wonosalam, merupakan penghasil durian terbesar di Jombang, sehingga pada saat musim penen durian melimpah.

"Kita menggunakan durian asli dari Wonosalam sendiri, namun yang pilihan sehingga kualitas duriannya bagus. Sebab kalau menggunakan durian yang mutunya kurang bagus akan berpengaruh pada citarasa pancake yang kita buat," kata Heri Susanto, pembuat pancake durian meyakinkan konsumen. 

Dalam pembuatan pancake durian selain dikerjakan Heri Susanto dengan Intan Dewi Anggraeni istrinya, juga mempekerjakan sejumlah pekerja. Sebab permintaan pancake durian buatannya terus mengalir, terlebih saat bulan Ramadhan. 

"Pancake durian ini kalau untuk buka puasa sangat tepat. Duriannya kan cukup banyak, jadi seakan-akan menikmati buah durian secara langsung, ditambah rasa lezat pancake," terang Intan.

Pembuatan pancake durian tidak berbeda dengan pembuatan pancake pada umumnya, dengan lebih dahulu membuat adonan seperti membuat lumpia. Bahan-bahan yang digunakan, tepung terigu, telur, gula pasir, susu cair margarin serta baking powder. Setelah menjadi lembaran lembaran seperti pembungkus lumpia, lembar per lembar digunakan untuk membungkus daging durian segar ditambah dengan butter cream. Pancake durian telah siap dinikmati. Namun akan lebih lezat jika dihidangkan dalam kondisi beku dari pendingin. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral