Sambal Suhin..
Sumber :
  • Tim Tvone/Arizal

Sambal Suhin, Kuliner Warisan Leluhur Penggugah Selera Saat Ramadhan

Kamis, 23 Maret 2023 - 15:09 WIB

Kerinci, tvonenews.com - Kerinci tidak saja dikenal dengan gunung api aktif dan tertinggi di Indonesia (3805 DPL). Akan tetapi, daerah ini juga memiliki pesona alam yang indah dan aneka kulinernya yang menggugah selera.

Apalagi pada bulan Ramadhan. Sejumlah kuliner khas Kerinci jadi incaran. Banyak warga berburu kuliner tradisional, seperti gulai cabe suhin. Gulai yang terbuat dari pucuk daun surian (Toona Sureni) yang dipermentasikan itu, tidak saja diminati para orang tua. Kaum milenial ternyata banyak yang doyan kuliner peninggalan leluhur tersebut.

Cabe suhin ialah masakan sambal khas Kerinci yang dibuat dengan mencampurkan daun muda atau pucuk surian yang ditumbuk dengan rebung dan digoreng dengan cabe hijau.

Tatick Diastanty, salah seorang warga Siulak yang biasa membuat cabe suhin menjelaskan, bahwa cabe suhin dibuat dengan berbagai varian. Selain dicampur dengan rebung, warga juga mencampurnya lagi dengan ikan teri.

"Ini masakan atau kuliner khas Kerinci dan cabe suhin ini juga merupakan warisan dari nenek moyang yang hingga kini tetap dilestarikan,” ucapnya. 

Tatick menambahkan, cabe suhin biasanya disantap dengan nasi dan sayuran. Kuliner warisan leluhur ini memiliki aroma yang khas dan selalu diikutsertakan dalam lomba kuliner untuk mengangkat pariwisata dari sisi kearifan lokal.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral