Masjid Rahmatan Lil'Alamin di Jalan Kalibutuh Surabaya punya model bangunan yang terinspirasi dari Ka'bah..
Sumber :
  • (ANTARA/Ananto Pradana)

Masjid Bernuansa Ka'bah di Sudut Perkampungan Surabaya

Minggu, 26 Maret 2023 - 12:00 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Azan shalat Isyak berkumandang Kamis (23/3/2023) malam. Sejumlah jamaah mulai berdatangan ke masjid. Ada yang satu per satu, ada juga yang bersama dengan keluarga, tetangga maupun rekan mereka. 

Tujuannya sama, ke Masjid Rahmatan Lil'Alamin di Jalan Kalibutuh Timur Gang Lebar RT 9 / RW 7, Kecamatan Bubutan, Surabaya.

Malam itu merupakan malam kedua bagi para jamaah menunaikan shalat Isyak yang dilanjutkan shalat tarawih. Di kalender Hijriah, tanggalnya masih 1 Ramadhan 1444 H, atau hari pertama berpuasa di Bulan Suci.

Tak hanya jamaah pria dewasa dan wanita, ada beberapa dari mereka anak-anak yang mengenakan sarung, berkopiah dan bergegas saat menuju masjid.

Setelah iqamah, para jamaah mulai berdiri dan menata shaf. Di sisi kanan adalah jamaah pria, sedangkan jamaah wanita di sisi kiri. 

Tirai warna krem yang tingginya sekitar 160 centimeter menjadi pemisah antara jamaah pria dan wanita.

Para jamaah terlihat khusyuk menunaikan shalat Isyak, lalu dilanjutkan Tarawih 23 rakaat yang diimami oleh Ustaz Wildan Zuhri. 

Sang ustaz saat itu juga berkesempatan menyampaikan khutbahnya. Ia berceramah tentang prinsip ibadah dalam hidup manusia sekitar 15 menit,

Dia mengingatkan ibadah seorang manusia harus dilakukan dengan tulus atau dianalogikan seperti meminta pertolongan kepada Allah SWT dalam keadaan genting. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
04:29
Viral