bebek bumbu hitam sangat pas dimakan saat buka atau sahur.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Bebek Bumbu Hitam Sajian Nikmat untuk Buka atau Sahur, Anda Sudah Mencobanya ?

Selasa, 28 Maret 2023 - 14:21 WIB

Bangkalan, tvOnenews.com - Bebek bumbu hitam merupakan salah satu kuliner yang berbentuk kemasan siap saji, dan memilik rasa dan kelebihan tersendiri, terlebih bagi para pemburu kuliner.

Kuliner bebek hitam ini ada di pulau garam Kabupaten Bangkalan, Madura. Bebek berbumbu hitam diracik tak jauh berbeda dengan masakan pada umumnya.

Bumbu dasarnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, lada hitam, ketumbar, kunyit, lengkuas hingga merica bubuk. Beragam rempah-rempah itu lalu dihaluskan atau ditumbuk, yang nantinya akan menjadi adonan bumbu hitam, setelah digoreng bersama.

Di sisi lain, disiapkan bahan utamanya berupa daging bebek, yang sebelumnya sudah direbus terlebih dahulu, dengan air bumbu khusus selama satu jam lebih. Daging bebek hasil rebusan ini, lalu digoreng hingga terlihat sampai matang.

Prosesnya, olahan bebek belum selesai. Setelah digoreng matang, bebek kemudian digoreng lagi dengan adonan bumbu hitam yang sudah disiapkan pada proses awal. Yang perlu diperhatikan, proses terakhir, haruslah menggunakan api kecil, selama sepuluh menit. Kemudian daging bebek pun tercampur di dalam adonan bumbu hitam. Setelah api kompor dimatikan, biarkan daging bebek tetap di dalam bumbu, hingga benar-benar dingin. Proses inilah yang membuat bumbu hitamnya meresap hingga tulang. Nah, setelah itu barulah siap dihidangkan.

"Karena permintaan pelanggan, warung bebek Suramadu Olle Ollang, mengemas daging bebek ini ke dalam plastik khusus makanan, yakni grade food," kata Abi Muliyar Muhtar, pemilik warung bebek bumbu hitam.

Menurutnya, dalam setiap kemasan berisi empat potong daging bebek, yang memiliki dua rasa berbeda, dibandrol cukup murah, yakni tujuh puluh ribu rupiah hingga delapan puluh ribu rupiah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
02:32
Viral