Ilustrasi Pekerja Bangunan.
Sumber :
  • ANTARA

Pekerja Berat Boleh Tidak Puasa? Begini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Rabu, 29 Maret 2023 - 04:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ustaz Abdul Somad (UAS) menyampaikan untuk seseorang yang memiliki pekerjaan berat dianjurkan untuk membayar zakat satu minggu jelang ramadhan.

UAS menjelaskan bahwa sebenarnya ada tiga fatwa mengenai hal tersebut. Namun yang digunakan tetaplah mazhab Syafi’i.

“Jadi tentang masalah ada pekerjaan berat yang membuat orang boleh tidak puasa itu fatwanya dari Mufti Mesir namanya Syekh Muhammad Abduh, meninggal tahun 1905. Kata dia pekerja berat tambang batubara maka ukuran yang Ramadhan musim panas maka dia boleh tidak puasa diganti tapi itu tidak saya ceramahkan,” jelas Ustaz Abdul Somad dalam program religi tvOne, Indahnya Ramadhan, UAS dan Sahabat.

Hal ini karena menurut UAS dikhawatirkan jika dijelaskan mengenai fatwa tersebut, maka banyak yang memilih tidak puasa karena menganggap pekerjaannya berat.

“Namun saya tidak mau memberatkan umat, maka bayar zakat seminggu jelang ramadhan. Hal itu gunanya saudara-saudara kita yang pekerjaannya berat bisa ada istirahatnya dikit,” kata UAS.

Namun menurut UAS, untuk cuaca di Indonesia tidaklah terlalu panas atau dingin. Maka diharapkan pekerja berat seperti tukang bangunan masih akan kuat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral