Pondok Pesantren La Raiba Hanifida di Desa Bandung, Kabupaten Jombang.
Sumber :
  • antara

Unik! Pesantren La Raiba Hanifida di Jombang Ajak Belajar Al-Quran Lewat Lukisan

Kamis, 30 Maret 2023 - 15:34 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Pondok Pesantren La Raiba Hanifida di Desa Bandung, Kabupaten Jombang, mengajak seluruh umat Muslim untuk belajar membaca Al-Quran, salah satunya lewat lukisan, sehingga menjadi lebih memahami makna yang terkandung dalam surat-surat kitab suci tersebut.

Pengasuh Pondok Pesantren La Raiba Hanifida, Khoirul Idawati mengatakan pihaknya berencana membuat museum Al-Quran. Di dalamnya ada lukisan bertuliskan ayat suci Al-Quran. Inspirasi ini datang dari kunjungannya ke sejumlah negara.

"Kami keliling di beberapa museum di luar negeri ternyata luar biasa. Tapi, kami belum menemukan sebagaimana yang kami inginkan, jadi ingin membuat museum semacam kaligrafi," katanya di Jombang, Kamis (30/3).

Ia menambahkan di museum itu Al-Quran akan mudah dipahami. Pengunjung juga langsung paham maksud dari surat tersebut. Selain bertuliskan ayat suci Al-Quran, juga disertai dengan gambar, sehingga pengunjung bisa belajar sekaligus memahami maksud yang terkandung dari surat tersebut.

"Jadi, ini adalah Al-Quran yang bercerita. Ada surat, ada gambarnya. Ini luar biasa," kata dia.

Dalam pembuatan museum ini, dibantu oleh tim pelukis. Proyek ini sudah berjalan sekitar lima tahun dan kini sudah membuat sekitar setengah dari kitab suci Al-Quran. Semuanya dilukis dengan kaligrafi, sehingga sangat bagus.

Pihaknya ingin agar semua masyarakat bisa memahami Al-Quran, sehingga menggunakan metode ini. Lukisan dibuat kontemporer dengan bentuk tiga dimensi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral