olahan buah salak untuk minuman pembuka puasa.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Olahan Buah Salak yang Dinamakan Settop Salak, Pelepas Dahaga sebagai Pembuka Puasa, Ini Cara Buatnya

Senin, 3 April 2023 - 16:00 WIB

Bangkalan, tvOnenws.com - Ada berbagai jenis minuman dari buah dan sayuran untuk berbuka puasa selama bulan Ramadhan, seperti lemon, wortel hingga salak. Jika salak yang biasa dimakan langsung saat sudah matang, namun berkat tangan warga Bangkalan, bisa diolah menjadi bahan minuman.

Cara mengolahnya pun mudah dan praktis. Pertama, siapkan bahan buah salak yang sudah dikupas kulitnya dan dibuang bijinya, buah salak dipotong-potong menjadi dua hingga tiga bagian.

Di sisi lain, siapkan pula satu batang kayu manis atau bahan rempah lainnya.

Buah salak lalu dicuci dengan air bersih. Potongan buah salak ini kemudian direbus dalam panci, bersama potongan kayu manis, selama sepuluh hingga lima belas menit.

Rebusan buah salak yang mendidih diberi tambahan gula pasir secukupnya dan diaduk sampai merata. Nah, setelah proses ini selesai, minuman buah salak yang dikenal sebutan settop salak ini sudah siap disajikan.

"Rasa settop buah salak itu manis dan enak, rasanya seperti sepat tapi enak banget," kata Abdul Aziz, sambil meminum buah salak, Minggu (2/4).

Setop salak, bisa disajikan selagi hangat atau dingin, bergantung selera masing-masing. Perpaduan rasa minuman buah salak yang manis dan sepat, cocok dijadikan sebagai minuman pembuka puasa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral