Ilustrasi Jemaah Haji yang sedang Menyentuh Ka'bah.
Sumber :
  • Istimewa

Menguak Hikmah Umrah dan Haji

Rabu, 24 Mei 2023 - 12:39 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Umrah secara bahasa berarti ziyârah yang artinya berkunjung atau bertamu. Maka, seseorang yang sedang umrah atau haji dikatakan sebagai tamu Allah. 

Dari makna itu bisa dipahami bahwa ibadah umrah memberikan pesan kepada umat manusia tentang betapa pentingnya berkunjung dan bersilaturahmi kepada sanak keluarga dan sesama manusia, terlebih berkunjung dan menyambung tali hubungan kepada Allah SWT, sebagaimana dilansir oleh tvOnenews.com dari buku Tuntunan Manasik Haji Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Hubungan sesama manusia saja akan semakin kuat jika ia sering saling sapa dan saling berkunjung. Maka jika kita melakukan umrah, maka insyAllah hubungan kita dengan Allah juga akan semakin kuat.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa antara satu ibadah umrah dengan ibadah umrah lain merupakan penghapus dosa. Berikut isi lengkap dari hadits tersebut.

Dari Abu Hurairah RA., Rasulullah SAW bersabda:

‘Antara satu ibadah umrah dengan ibadah umrah lain merupakan penghapus dosa dan kesalahan yang diperbuat di antara keduanya, dan haji mabrur tidak ada balasannya kecuali surga.’’

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral