Ustaz Adi Hidayat (UAH) dan Aa Gym, Pendakwah.
Sumber :
  • Tangkapan Layar/YouTube Aa Gym Offcial

Begini Tanda Haji Mabrur yang Dijelaskan oleh Ustaz Adi Hidayat dan Aa Gym

Sabtu, 10 Juni 2023 - 06:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Saat ini seluruh umat Islam sedang memasuki musim haji yang bernama Dzulhijjah dimana puncaknya adalah saat wukuf di Arafah di tanggal 10 Dzulhijjah. Setiap Muslim yang selesai menunaikan ibadah haji berharap menjadi haji mabrur.

Namun bagaimana cara dan tanda bahwa seorang Muslim telah menjadi haji mabrur? Inilah tanda-tanda haji mabrur yang dijelaskan oleh Ustaz Adi Hidayat dan Aa Gym.

“Birrun artinya kebaikan yang lahir setelah buruknya hilang, Kebaikan yang muncul setelah keburukan hilang, ada orang berbuat buruk ditinggalkan jadi baik,” ujar Ustaz Adi Hidayat (UAH) sebagaimana dikutip oleh tvOnenews dari kanal YouTube Aa Gym Official pada Sabtu (10/6/2023).


Dok. Jemaah Haji saat di Masjidil Haram (via Ummid)

“Marahnya ditinggalkan jadi sabar, sombongnya ditinggalkan jadi tawadhu, kebaikan yang muncul setelah meninggalkan yang buruk disebut Birrun jika melekat pada pelakunya disebut Mabrurun,” tandas Ustaz Adi Hidayat.

Penyebutan haji mabrur dijelaskan oleh Ustaz Adi Hidayat karena saat melempar jumrah itulah waktu dimana melempar sifat-sifat jelek dalam diri.

“Ada haji mabrur, kenapa disebut haji mabrur karena saat dia berada di wukuf di Arafah dia istighfar, dia mengenali keburukannya, dia tinggalkan itu datang ke Musdalifah ia lemparkan,”

Oleh karena itu, Ustaz Adi Hidayat menyarankan bagi calon jemaah haji, sebelum berangkat ke tanah suci sebaiknya mencatat hal-hal buruk yang dimilikinya.


Dok. Jemaah Haji saat di Madinah (tim tvOne)

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral