Ternyata Potong Kuku Ada Urutannya, Praktikkan Cara Ini Mulai Jumat Besok, Kata Ustaz Adi Hidayat.
Sumber :
  • Freepik

Ternyata Potong Kuku Ada Urutannya, Praktikkan Cara Ini Mulai Jumat Besok, Kata Ustaz Adi Hidayat

Kamis, 24 Agustus 2023 - 14:18 WIB

tvOnenews.com - Memotong kuku adalah bagian dari fitrah manusia yang dalam Islam dianjurkan dilaksanakan pada hari Jumat. Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya mengajar bagaimana para ulama melakukan potong kuku.

Sunnah memotong kuku ini didapati dalam salah satu hadis Nabi صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah رضي الله عنه:

"Fitrah itu yaitu segala yang melekat pada kehidupan manusia. Setidaknya ada lima, yang pertama berkhitan, yang kedua membersihkan rambut di sekitaran kemaluan, ketiga mencabut atau membersihkan bulu ketiak, yang keempat menipiskan kumis, dan yang kelima adalah memotong kuku.” 

Lima fitrah di atas menunjukkan bagaimana umat Islam merawat dirinya dan menjaga kebersihan tubuh karena memang sudah menjadi bawaan bagi manusia untuk cenderung hidup lebih bersih, rapi, dan indah.

Dalam kesempatan ini Ustaz Adi Hidayat mengajarkan cara memotong kuku yang singkat dan mudah untuk dipahami sebagaimana diajarkan para ulama yang termaktub di salah satu karya Al-Imaam An-Nawawi. 

Pertama, hendaknya memulai dengan kalimat basmalah agar kegiatan memotong kuku ini menjadi ibadah yang bernilai pahala. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
17:30
00:55
01:19
06:13
02:28
Viral