Ilustrasi - persendian.
Sumber :
  • Freepik

Mulai Besok Pagi Tolong Amalkan Sedekah untuk Persendian, Hadisnya Shahih Diriwayatkan Abu Hurairah

Rabu, 1 November 2023 - 15:47 WIB

tvOnenews.com - Bagi seorang muslim, setiap persendian yang ada pada tubuh ternyata harus disedekahi. Hal itu dijelaskan lewat hadis Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ yang diriwayatkan Abu Hurairah.

Hadis tentang sedekah persendian dapat ditemukan dalam kitab Hadits Arbain karya Imam Nawawi pada hadis nomor 26, sebagai berikut:

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلُّ يَومٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ: تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُه عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ، وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تَمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاةِ صَدَقَةٌ، وَتُمِيْطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ. رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

Artinya: Dari Abu Hurairah radhiyallahu‘anhu , ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Setiap persendian dari manusia itu ada sedekahnya pada setiap hari yang matahari terbit padanya. 

Berbuat adil antara dua orang adalah sedekah, menolong seseorang dalam urusan kendaraannya membantunya agar bisa menaiki kendaraannya atau engkau angkatkan barang-barangnya ke atas kendaraannya itu juga sedekah. 

Sebuah ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang kamu ayunkan menuju tempat shalat adalah sedekah dan engkau menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah. 

Diriwayatkan oleh Al Bukhari (2989) dan Muslim (1009).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:18
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
Viral