Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais.
Sumber :
  • Twitter

Warga Nahdliyin Diimbau Sekjen PBNU Tak Pilih Paslon yang Didukung Abu Bakar Baasyir dan Amien Rais, Partai Umat: Keduanya Anut Aswaja!

Rabu, 17 Januari 2024 - 11:06 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul gamblang dan sebut nama, meminta warga Nahdliyin tak memilih paslon yang didukung Abu Bakar Baasyir dan Amien Rais. Meski tak menyebut paslon yang didukung dua tokoh tersebut, Wakil Ketua Umum DPP Partai Ummat Buni Yani menanggapi pernyataan Gus Ipul. Sejauh ini paslon yang didukung dua sosok itu adalah capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Buni Yani menyebut secara ideologi Amien Rais dan Abu Bakar Ba'asyir juga menganut paham Islam ahlussunah waljamaah (Aswaja) yang sama dengan warga Nahdlatul Ulama (NU).

"Karena Gus Ipul sudah menyebut nama orang, yaitu Pak Amien dan Ustaz Abu Bakar Baasyir, yang kita sama-sama tahu adalah orang Islam juga, dan perlu saya garis bawahi bahwa keduanya menganut Islam ahlussunah waljamaah," kata Buni Yani, Rabu (17/1).

Sebelumnya, Amien dan Partai Ummat telah mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Sama seperti Amien, belum lama ini putra dari Abu Bakar Baasyir juga menyebut ayahnya mendukung pasangan AMIN di Pilpres 2024.

Buni Yani justru merasa aneh dengan pernyataan Gus Ipul yang menyarankan warga NU tak boleh memilih yang sama dengan Amien maupun Baasyir. Padahal, dengan bersatunya Anies dan Muhaimin, ia melihat bersatunya umat Islam di Indonesia, khususnya NU dan Muhammadiyah sangat menggembirakan.

"Seharusnya Gus Ipul ikut berbahagia melihat persatuan umat ini. Gus Imin yang dari NU lalu didukung oleh Partai Ummat dan PKS membuat umat Islam merasa bahwa persatuan umat kembali hadir di Tanah Air," kata dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral