Puasa Jadi Amalan yang Paling Banyak Dilakukan Nabi Muhammad SAW di Bulan Syaban, Salah Satu Keutamaan yang Diungkap Ustaz Khalid Basalamah: Tidak Ditolaknya Doa!.
Sumber :
  • Tangkapan Layar/Khalid Basalamah Official

Puasa Jadi Amalan yang Paling Banyak Dilakukan Nabi Muhammad SAW di Bulan Syaban, Salah Satu Keutamaan yang Diungkap Ustaz Khalid Basalamah: Tidak Ditolaknya Doa!

Kamis, 15 Februari 2024 - 19:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan bahwa amalan yang paling banyak dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW di bulan syaban adalah puasa.

Hal ini karena saat bulan Syaban, amalan setiap manusia diangkat.

Oleh karenanya, Nabi Muhammad SAW ingin saat diangkat amalnya kepada Allah SWT dalam keadaan berpuasa.

Oleh karenanya, setiap Muslim sebaiknya di bulan syaban memperbanyak puasa, sebagaimana Nabi Muhammad SAW mencontohkan.

Mengapa puasa harus jadi satu target dari setiap Muslim?

Hal ini karena kata Ustaz Khalid Basalamah, ada banyak sekali keutamaan dari puasa. Berikut keutamaannya.

Puasa Jadi Perisai Seorang Muslim dari Api Neraka


Puasa Jadi Amalan yang Paling Banyak Dilakukan Nabi Muhammad SAW di Bulan Syaban, Salah Satu Keutamaan yang Diungkap Ustaz Khalid Basalamah: Tidak Ditolaknya Doa! (Sumber: pixabay)

Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan, bahwa dalam salah satu hadits dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW mengatakan puasa ibarat perisai.

“Salah satunya adalah hadits berikut, puasa itu adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari siksa api neraka,” jelas Beliau, sebagaimana dikutip oleh tvOnenews.com dari YouTube Khalid Basalamah Official.

Dalam hadits yang lain kata Ustaz Khalid Basalamah, Nabi Muhammad SAW mengatakan puasa seperti perisai salah seorang di antara kalian pada saat berperang.

“Di sini Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam menggunakan istilah bahasa ini agar kita bisa memahami betapa kokohnya puasa dalam menahan siksa neraka yang akan menimpa seseorang,” jelasnya.

Oleh karena itu, Ustaz Khalid Basalamah menyarankan agar setiap Muslim menjadikan puasa sebagai rutinitas.

“Kita lakukan puasa senin kamis, puasa ayyamul bidh, puasa 9 hari bulan dzulhijjah, muharram, dll,” jelasnya.

“Kalau ada yang mampu mengerjakan puasa Daud, sehari puasa sehari tidak itu juga adalah semua hal-hal yang sangat baik. Selain daripada itu Alhamdulillah,” sambungnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral