mengantuk saat baca Al-Qur'an.
Sumber :
  • video Ahsan TV

Bagaimana Caranya Saat Baca Al-Qur'an Tidak Mengantuk ? Ini Tips dari Ustadz Nuzul Dzikri

Jumat, 15 Maret 2024 - 13:08 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Berpuasa di Bulan Ramadhan, tentu tidak hanya menahan lapar dan dahaga. Selain harus mengendalikan emosi, juga menundukkan hawa nafsu, termasuk bagaimana cara agar saat membaca Al-Qur’an kita tidak merasa mengantuk

Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri, Lc, dalam Kajian Tematik Ahsan TV menuturkan bahwa perlunya menahan hawa nafsu, harus dikontrol, jangan sampai hawa nafsu yang menguasai diri kita di bulan Ramadhan. 

Pertama, perbanyak doa saat bulan Ramadhan menjadi keharusan untuk mengendalikan hawa nafsu. 

“Ya Allah berikanlah ketaqwaan kepada jiwa dan nafsuku, dan bersihkanlah jiwa dan nafsuku ini. Engkau yang sebaik-baik yang membersihkan. Engkaulah walinya, Engkaulah yang pegang, Engkaulah yang mampu membersihkan itu semua.”

Kedua, jangan dituruti nafsu. Kalau nafsu kita merajalela jangan dituruti. Contohnya, kalau hendak membeli makanan buka, lalu melihat risol, tanya kepada diri sendiri, apakah membutuhan makanan itu. Lantas melihat cakue, ingin beli cakue. Artinya, kalau diri kita membutuhkan untuk beli itu, silahkan dibeli, jangan terpengaruh dengan nafsu mata. 

Lihat risol beli risol, lihat pastel beli pastel, lihat cakue beli cakue, ada tukang kolak beli kolak, lihat pisang goreng beli pisang goreng, sementara pada saat buka puasa, yang dimakan kurma dan air putih. Nah, giliran baca Al-Qur’an mengantuk. Hal ini disebabkan nafsunya menggerogoti diri sendiri.

Ustadz Nuzul Dzikri melanjutkan, hendaknya kita tidak memberi ruang untuk hawa nafsu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
03:57
11:28
10:12
09:50
01:53
Viral