Jangan Sibuk Sama Kue dan Baju Lebaran di 10 Malam Terakhir Ramadhan, Lebih Baik Kejar Lailatul Qadar di Malam Ganjil dengan Itikaf.
Sumber :
  • Istimewa

Jangan Sibuk Sama Kue dan Baju Lebaran di 10 Malam Terakhir Ramadhan, Lebih Baik Kejar Lailatul Qadar di Malam Ganjil dengan Itikaf

Jumat, 29 Maret 2024 - 17:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pada malam-malam terakhir bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan melakukan itikaf dan perbanyak ibadah. Hal itu karena akan ada malam Lailatul Qadar.

Salah satu cara mendapatkan malam Lailatul Qadar adalah dengan melakukan itikaf.

Ustaz Abdul Somad (UAS dalam ceramahnya menjelaskan arti itikaf dari segi bahasa.

“Sedangkan itikaf menurut fiqih adalah berdiam diri di masjid,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Ustaz Abdul Somad Official pada Jumat (29/3/2024).

Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim, dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW mengatakan Lailatul Qadar akan diturunkan pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Sementara dari Aisyah Radhiyallahu 'anha, dia berkata Rasulullah SAW beritikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau bersabda:

تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

Artinya: "Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan" (HR. Bukhari & Muslim).

Sementara untuk batas minimal waktu itikaf, Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa ada perbedaan antara mazhab Maliki dan Syafi’i.

“Menurut mazhab Maliki syarat i’tikaf menyatukan siang dan malam jadi kalau dia masuknya sekarang jam 06.00 baru disebut i’tikaf kalau dia keluar jam 06.00 besok pagi,” ujar Ustaz Abdul Somad.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:44
01:33
06:44
09:50
00:57
Viral