Umat Muslim yang Sedang Shalat Jamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA

10 Manfaat Shalat Berjamaah

Rabu, 23 Maret 2022 - 05:00 WIB

tvOnenews.com - Shalat berjamaah merupakan shalat yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama dimana salah seorang di antaranya menjadi imam sementara yang lainnya menjadi makmum.

Shalat yang dilakukan secara berjamaah akan mendatangkan pahala yang lebih besar jika dibanding dengan mendirikan sholat seorang diri. Oleh karena itulah banyak umat muslim yang memilih untuk menjalankan shalat di masjid secara berjamaah. 

Berikut 10 fadhillah shalat berjamaah yang dikutip dari Buku Pendidikan Agama Islam bagi Masyarakat Awam yang ditulis oleh Imam Durori.

1. Berjalan ke Masjid akan Menghapus Dosa

Setiap langkah menuju masjid atau musholla akan dihapus dosanya dan diangkat derajatnya. Dalam sebuah hadits Riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِىَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim, no. 666)

2. Saat Tiba di Masjid Berkesempatan Shalat Sunnah Takhyatul Masjid

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral