Ilustrasi Orang yang Sedang Shalat.
Sumber :
  • tim tvOne-viva.co.id

Kiat Sukses Meraih Shalat Khusyu'

Rabu, 23 Maret 2022 - 05:31 WIB

tvOnenews.com - Secara bahasa, kata "khusu" berasal dari kata خُشَّع yang menurut Professor Doktor Mahmud Yunus di dalam kamus Arab Indonesianya diartikan tunduk, rendah dan takluk.

Imam Durori dalam buku Pendidikan Agama Islam bagi Masyarakat Awam menjelaskan lebih lanjut bahwa dalam konteks shalat maka khusyu' dapat diartikan sebagai suatu kondisi shalat yang tenang, benar-benar tunduk dan merunduk serta merasa teramat kecil dan rendah di hadapan Allah SWT.

Seorang muslim haruslah sadar bahwa shalat adalah hal yang sangat penting karena sebagai perwujudan penghambaan kepada Tuhannya.

Seseorang muslim yang baik pastilah akan berusaha untuk melakukan shalat dengan sebaik-baiknya. Berikut cara mencapai shalat khusyu'.

Cara yang Ditempuh dalam Menuju Shalat Khusyu'

Al Imaam al-Khaafidhz Ahmad bin Ali bin Hajar al-Asqolani di dalam kitabnya Buluughul Maroom Min Adillatil Ahkaam mencantumkan beberapa hadist yang berkenaan dengan cara menyempurnakan shalat secara khusyu'.

Beberapa hal sebaiknya dilakukan dalam mencapai shalat yang khusyu' antara lain:

1. Tidak Bertolak Pinggang Sewaktu Melaksanakan Shalat

Larangan bertolak pinggang saat shalat dijelaskan dalam hadits HR al Bukhari dan Muslim.

عن أبي هريرة رضي الله تعالى عنه قال : «نهى رسول الله صلى الله عليه أن يصلي الرجل مختصرا» [متفق عليه] .

Baca: 'An Abil Huroerota rodhiyalloohu wata'ala 'anhu, qoola Nahaa Rosuulullooh shollalloohu 'alaihi wa sallam an yusholliyarrojulu mukhtashiroo, (Muttafaqun 'alaihi).

Artinya: "Dari Abu Huroeroh rodhiyalloohu wata'ala 'anhu, la berkata bahwasanya Rosulal-lah shollallahu 'alaihi wasallam melarang orang shalat dengan bertolak pinggang" (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral